22 November 2017

SOAL SUSPENSI TEKNIK KENDARAAN RINGAN

SOAL SUSPENSI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (BERBAGAI SUMBER)

A.    Pilihlah Jawaban yang paling benar !

1.     Berfungsi untuk memperbesar momen putar poros adalah…
a. Poros utama               d. Adjusting Tube
b. Pitman Arm                e. Gigi kemudi
c. Tie rod

2.     Mekanisme penyetelan kolom kemudi secara vertical disebut…
a. Tilt steering                d. Batang luncur jenis jala
b. Telescopic steering     e. Collapsible
c. Batang luncur jenis bok

3.     Pada saat terjadi tabrakan/tumbukan, pipa telescop akan meluncur dan menyebabkan mantel mengerut. Hal ini terjadi pada….
a. Tilt steering                d. Batang luncur jenis jala
b. Telescopic steering     e. Collapsible
c. Batang luncur jenis bok

4.     Fungsi dari pros sector adalah
a.  Menyetel kerenganggan celah kontak
b.  Menggeser mur kemudi
c.  Meneruskan putaran dan merubahnya menjadi gerak ayun pada pitman arm
d.  Meneruskan gerakan dari relai rod ke tie rod
e.  Menopang kedudukan relay rod

5.     Fungsi dari idle arm adalah
a.  Menyetel kerenganggan celah kontak
b.  Menggeser mur kemudi
c.  Meneruskan putaran dan merubahnya menjadi gerak ayun pada pitman arm
d.  Meneruskan gerakan dari relai rod ke tie rod
e.  Menopang kedudukan relay rod

6.     Type roda kemudi yang momennya kecil adalah..
a. Segi empat                d. Bulat kecil
b. Segi tiga                    e. Elip
c. Bulat besar

7.     Berfungsi menghubungkan tie rod di sebelah kanan dan sebelah kiri adalah….
a. Push rod                    d. Knuckle arm
b. Relay rod                   e. Roda gigi
c. Pitman arm

Gambar berikut untuk nomor 8 sampai 9
 











8.     Steering gear box ditunjukkan pada nomor
a. 2                   c. 3                   e. 6
b. 4                   d. 5

9.     Yang berperan menggerakkan rotor pompa dengan bantuan V belt adalah …
a. 2                   c. 3                   e. 6
b. 4                   d. 5

10.  Berapa beratnya roda kemudi saat kendaraan normal..
a. 5,6 Kg                       c. 1 – 1.5 Kg      e. 5 Kg
b. 6 Kg              d. 2 – 4 Kg

B.     Petunjuk !
A.     Jika pernyataan 1 benar, pernyataan 2 benar dan ada hubungan sebab akibat
B.     Jika pernyataan 1 benar, pernyataan 2 benar dan tidak ada hubungan sebab akibat
C.     Jika pernyataan 1 benar, pernyataan 2 salah
D.    Jika pernyataan 1 salah, pernyataan 2 benar
E.     Jika pernyataan 1 salah, pernyataan 2 salah

11.  Sistem kemudi berfungsi untuk merubah arah kendaraan
Sebab
Berbeloknya roda depan menyebabkan arah kendaraan berubah

12.  Kolom kemudi berfungsi untuk meneruskan putaran dari roda kemudi
Sebab
Di dalam kolom kemudi terdapat poros utama

13.  Telescopic steering adalah mekanisme penyetelan panjang pendeknya poros utama
Sebab
Setiap kendaraan dilengkapi mekanisme telescopic steering untuk memudahkan pengemudi secara ergonomic

14.  Pitman arm meneruskan gerakan ke sambungan kemudi
Sebab
Kemudi type rack and pinion tidak memiliki pitman arm

15.  Drag link menghubungkan pitman arm dengan steering knucle arm
Sebab
Drag link dipasang pada sambungan kemudi kendaraan bersuspensi independent

16.  Jika pinion berputar ke kiri, maka roda berbelok ke kiri
Sebab
Rack mengeser ke kanan, jika pinion berputar ke kiri

17.  Kedudukan bola-bola baja pada gigi kemudi type bola bersirkulasi adalah sebagai elemen gelinding
Sebab
Roda gigi sector berputar sehingga menyebabkan bola-bola baja meringankan pergeseran mur kemudi

18.  Jika roda gigi sector dinaikkan ke atas, maka celah kontak semakin rapat
Sebab
Celah kontak adalah celah antara roda gigi sector dengan roda gigi mur kemudi

19.  Bentuk geometris sambungan kemudi sumbu parallel disebut juga prinsip ackerman janteau
Sebab
Pada sumbu parallel sudut belok roda kanan dan kiri tidak sama





20.  Bentuk geometris sambungan kemudi sumbu king pin menyebabkan ban cepat aus
Sebab
Sudut belok roda kanan dan kiri yang sama menyebabkan roda menyeret pada saat dibelokkan

21.  Power steering type integral menggunakan gigi kemudi type bola bersirkulasi
Sebab
Katup pengontrol berada di dalam gear housing dan terpisah dari power silinder

22.  Putaran dari poros intermediate diteruskan ke torsion shaft dan ke pinion, kemudian diteruskan lagi ke katup pengontrol
Sebab
Minyak power steering yang masuk di atur arah dan tekanannya di katup pengontrol

23.  Tekanan minyak pada power silinder akan mendorong silinder akan mendorong piston kearah yang tekanannya lebih rendah
Sebab
Banyaknya minyak yang kembali ke pompa adalah sebayak minyak yang dipindahkan oleh piston

24.  Knucle arm menghubungkan tie rod dengan roda
Sebab
Dengan diteruskannya gerakan ayun ke tie rod oleh knucle arm ke roda, roda dapat dibelokkan

25.  Roda kemudi type bulat besar membuat tenaga putar menjadi ringan
Sebab
Diameter yang besar mengahasilkan momen yang besar meskipun gaya yang dikeluarkan sama

C.    Jawablah Pertanyaan berikut ini dengan benar dan jelas !

1.     a. Sebutkan fungsi kolom kemudi!
b. Jelaskan keuntungan dan kerugian kolom kemudi type collapsible dan non collapsible

2.     Sebutkan komponen-komponen gigi kemudi type bola bersirkulasi dan terangkan cara kerjanya !

3.     Gambarkan bentuk geometris sambungan kemudi sumbu trapezium dan jelaskan maksud dari gambar tersebut !

4.     Apa perbedaan sambungan kemudi yang terpasang pada kendaraan beraxle rigid dengan sambungan kemudi yang dipasang pada kendaraan ber axle independent !

5.     Apa fungsi power steering dan sebutkan komponen-komponen power steering beserta fungsi komponen tersebut

6.     Uraikan cara kerja power steering type rack and pinion berdasarkan aliran fluidanya !

7.     Uraikan cara kerja power steering type integral dengan menggunakan bagan dari roda kemudi diputar sampai roda berbelok!
8.     Suatu mobil pada saat kemudi digerakkan lurus cenderung berjalan ke arah kiri
a.     apa penyebab dari kondisi tersebut
b.     bagaimana mengatasi kondisi tersebut

9.     Bagaimana pendapatmu jika system power steering pada kendaraan tidak dapat bekerja !

10.  a. Apa yang dimaksud dengan EPS?
b. Bagaimana Prinsip Kerja EPS?















                                                                                                    




No comments: